Total Tayangan Halaman

Senin, 04 Maret 2013

Perlukah ada Taman Seni dan Budaya di Sukorejo?

Taman Seni dan Budaya adalah bangunan yang didirikan dengan tujuan untuk pementasan seni serta pengembangan seni. Dalam upaya melestarikan kekayaan seni dan budaya, maka perlu dibentuk Proyek Pengembangan atau Gedung Pusat Kesenian dan Budaya di Sukorejo. Proyek ini diharapkan dapat sebagai wadah bagi masyarakat untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya asli Sukorejo dan mengadaptasi unsur positif dari seni budaya luar sehingga seni budaya tidak berhenti serta dapat berkembang sepanjang masa. Sudah saatnya kita untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia terutama di Sukorejo. Kebudayaan merupakan cermin dari suatu bangsa, dari kebudayaan suatu bangsa dapat dikenal oleh seluruh dunia, tinggal bagai mana kita melestarikan suatu kebudayaan yang kita miliki sekarang, jaman moderenisasi tidak harus menggilas kebudayaan yang sudah ada yang menjadi kebanggaan kita dari dulu.

Kebudayaan merupakan hasil karya seni yang indah dan mengagumkan, sesuatu yang dapat merangangsang panca indra dan dapat membuat kita takjub akan keindahan seni. Kebudayaan di Indonesia sangat beraneka ragam, hampir disetiap daerah memiliki kebudayaan yang berbeda. kebudayaan dapat terbagi menjadi beberapa karya seni, seperti, Tarian, Pakaian adat, Makanan khas dan masih banyak lagi.

Di Sukorejo, memiliki kesenian berupa Lais, Bentuk pertunjukan Lais adalah diperankan seorang gadis remaja, dibantu oleh pawang dengan diiringi musik tradisional dan dikurung dalam keranjang setelah di buka beberapa saat sudah berganti pakaian dan make-up. kemudian dilengkapi dengan penari pendamping. Si pawang (dalang) sering mengundang Roh untuk masuk ke dalam pemeran lais. Bila, roh berhasil diundang, maka penari akan terlihat lebih cantik dan membawakan tarian lebih lincah dan mempesona.

Selain Lais di Sukorejo juga pernah ada seni pertunjukan berupa Nini Thowong/Nyi Thowok, adalah permainan berupa boneka dari tempurung kelapa, rangka bambu dan diberi pakaian seperti orang dan dimainkan oleh pawang yang biasa disebut Serati. Setelah siap, boneka tersebut dibawa ke pohon besar yang angker dan diberi sesajen yang bertujuan untuk memanggil dan agar kemasukan arwah. Permainan Nini Thowong/Nyi Thowok berfungsi sosial karena mampu mengumpulkan anak-anak desa bermain bersama.

Kemudian ada juga Seni Tari yang memiliki keindahan dalam seni gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. tidak sembarang orang bisa melakukan tarian ini, gerakan tangan yang gemulai, gerakan kaki yang lincah dan berbagai macam gerakan yang dapat merangsang panca indra manusia, sehimgga menjadi takjub.

Masih banyak lagi seperti Kuda Lumping juga disebut Jaran Kepang adalah tarian tradisional menampilkan sekelompok prajurit menunggang kuda tiruan. Tarian ini menggunakan kuda yang terbuat dari bambu yang di anyam dan dipotong menyerupai bentuk kuda. Anyaman kuda ini dihias dengan cat dan kain beraneka warna. Tarian kuda lumping biasanya hanya menampilkan adegan prajurit berkuda, akan tetapi beberapa penampilan kuda lumping juga menyuguhkan atraksi kesurupan, kekebalan, dan kekuatan magis, seperti atraksi memakan beling dan kekebalan tubuh terhadap deraan pecut.

Kebudayaan lain yang dimiliki adalah Makanan Khas, Makanan Khas juga ada, seperti Brongkos, sebenarnya makanan khas asli Jogjakarta tetapi di Sukorejo brongkos memiliki ciri khas sendiri dengan kuah lebih kental dan berwarna gelap tanpa sayuran yang menyerupai rawon namun agak sedikit berbeda. Brongkos Jogjakarta biasanya menggunakan sayuran seperti tomat, buncis, kacang dan tahu.

Dan masih banyak lagi Seni dan Budaya di Sukorejo, Semoga dengan adanya artikel ini diharapkan dapat dihasilkan pengembangan Taman Budaya di wilayah Sukorejo yang dapat mempercepat pembangunan ekonomi kreatif dan sekaligus menjadi ruang untuk proses regenerasi nilai-nilai budaya, pengembangan inovasi artistik dan estetis, serta pertumbuhan ekonomi di daerah.

Referensi : Sukorejo - Kendal - Jawa Tengah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar